Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Thariqat #1



11.  Pengertian Thariqat
Pengertian “Thariqat” sebagaimana yang berkembang di kalangan Ulama Ahli Tasawwuf, yaitu “Jalan atau petunjuk dalam melaksanakan sesuatu ibadah sesuai dngan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah dan yang dicontohkan beliau serta dikerjakan oleh Sahabatnya, Tabi’in, Tabi’it Tabi’in dan terus turun-temurun sampai kepada Guru-guru, Ulama-ulama secara bersambung dan berantai hingga pada masa kita.
22. Thariqat termasuk Ilmu Mukasyafah
Di kalangan para ahli Sufi berpendapat bahwa Thariqat adalah termasuk ke dalam kerangka Ilmu Mukasyafah yang dapat memancarkan cahaya ke dalam hati para penganutnya sehingga cahaya (Nur) itu terbukalah segala sesuatu yang ada di balik rahasia ucapan-ucapan Nabi dan demikian pula halnya terhadap segala sesuatu yang ada di balik rahasia cahaya Allah.
Ilmu Mukasyafah ditempuh dengan kesungguhan melalui jalan latihan batin (Riyadloh) dan perjuangan melawan hawa nafsu (Mujahadah) maka sedikit demi sedikit akan terbuka segala yang ghaib di balik hijab yang mendinding antara hamba dan Tuhannya sehingga dapatlah bermusyahadah (menyaksikan sendiri) dengan penglihatan hati (musyahadatul qalbi) bukan dengan penglihatan mata. Sebenarnya, syari’at itu dikerjakan “hanya untuk Allah” yang dituju.
33. Tujuan mengamalkan Thariqat
a.   Dengan mengamalkan Thariqat berarti mengadakan latihan jiwa (riyadloh) dan berjuang membersihkan diri dari sifat-sifat yang tercela dan diisi dengan sifat-sifat terpuji dengan melalui perbaikan  budi pekerti dalam berbagai seginya.
b.    Selalu dapat mewujudkan rasa ingat kepada Allah Dzat Yang Maha Besar dan Maha Kuasa atas segalanya dengan melalui jalan mengamalkan wirid dan dzikir dibarengi tafakkur yang secara terus-menerus dikerjakan.
c.   Timbul perasaan takut kepada Allah sehingga timbul pula dalam diri seseorang tersebut suatu usaha untuk menghindarkan diri dari segala macam pengaruh duniawi yang dapat menyebabkan lupa kepada Allah.
d.   Jika semua hal tersebut dilakukan dengan penuh ikhlas dan ketaatan kepada Allah maka tidak mustahil akan dapat dicapai suatu tingkat alam Ma’rifat sehingga dapat pula diketahui sgala rahasia di balik tabir cahaya Allah dan RasulNya secara terang benderang.
e.     Diperoleh apa yang sebenarnya menjadi tujuan hidup ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar