Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Instalasi CPU


PENGERTIAN DAN MENGINSTALASI CPU

Sebelum kita menginstalasi CPU , kita harus tahu pengertian dan komponen-komponen apa saja yang mendukung dan menjadi mesin didalam CPU , komponen-komponen itu diantaranya :

1. Processor

Processor disebut juga otak dari komputer, karena semakain tinggi otak komputer semakin mahal pula harga komputer. Fungsinya ya untuk memproses kegiatan yang dilakukan komputer. Misal kita membuka progam Adobe Photoshop CS6, maka processorlah yang menjalankan semuanya itu.

2. Motherboard


Motherboard yaitu tempat berbagai komponen  yang saling berhubungan satu komponen dengan komponen yang lainnya. Motherboard ini yang bisa membuat komputer bisa bekerja, kalau salah menyambungkan atau salah memasang bisa mengakibatkan tidak bisa berjalannya komputer.
3. Hardisk

Hardisk berfungsi untuk menyimpan semua data di dalam komputer. Saat ini kapasitas hardisk besar banget paling tinggi 1 TB, yang lebih besar dari 1 TB ada tapi masih sulit untuk mencari ditoko komputer. Semakin besar kapasitas hardisk semakin bagus tentunya, dan bisa menyimpang lebih banyak data yang kita inginkan.
4. Floppy Disk

Floppy Disk yaitu komponen komputer untuk menyimpan suatu data dengan kapasitas kecil pake sangat. Floppy Disk memiliki sejumlah kapasitas 320KB 360KB, 1,2MB dengan ukuran fisik 5,25 Inchi. Sedangkan kapasitas 720KB, 1,44MB, dan 2,88MB dengan ukuran fisik 3,5 Inchi. Tapi saat ini sudah jarang pake banget orang-orang menggunakan Floppy Disk untuk menyimpan data.
 5. Power Supply

Power Supply adalah komponen komponen computer untuk menyalurkan saluran listrik ke semua peralatan computer di dalam casing. Fungsi Power Supply untuk mengubah tegangan AC menjadi DC, dan menyuplai tegangan listrik DC ke komponen yang membutuhkan arus tegangan pada motherboard.
6. Casing 

Casing yaitu tempat untuk penyimpanan hardisk, memory, power supply, floppy disk, Motherboard, processor dan lain sebagainya. Dan bisa menghubungkan mouse serta keyboard. 
7. Optical drive 

Alat pembaca yang digunakan untuk menyimpan data berupa disk CD/DVD yang berupa kepingan cakram optik yang berisi data.
8. Sound Card

Sound Card yaitu bagian yang mendekode data-data digital menjadi sinyal suara. Sound Card yang bagus bisa menghasilkan suara dengan sampling yang rapat dan halus sehingga suara yang dihasilkan mendekati suara asli / Hi Fi (Hi Fi = High Fidelity). Contoh merek soundcard yang terkenal adalah Creative, Ess, Realtek,  Cmedia, dll.

Setelah kita mengerti akan pengertian-pengertian tersebut,  dihadapkan kita langsung kepada mesin data komputer CPU.

CARA MENGINSTAL CPU
Putar CPU sehingga Koneksi 1 Indikator berbaris dengan peniti/lencana 1 pada bagian atas stop kontak CPU.

1.     CPU
Bariskan orientasi itu membentuk pada bagian atas CPU kepada orientasi menyetem pada bagian atas stop kontak. Tempatkan CPU dengan lemah-lembut ke dalam stop kontak
Tutup plat beban CPU dan jamin/mengamankan ia/nya pada tempatnya dengan penutupan pengungkit beban dan bergerakkan di bawah beban mengungkit rekening ingatan. Kecil jumlah campuran yang berkenaan dengan panas kepada CPU memotong dan menyebar nya datar.  Beri panas sink/fan pelayan/biaya perakitan kepada lubang bagian atas motherboard.
Jangan menempatkan sink/fan perakitan ke stop kontak CPU, hati-hati umencubit/ menjepit kawat fan untuk menjamin/mengamankan ia/nya pada tempatnya.

CARA MENGINSTAL PENUMBUR
Tata palang pintu itu membentuk sejajar pada atas modul PENUMBUR kepada bentuk di dalam slot dan tekanan menurun/jatuh hingga rekening sisi klik. Pastikan bahwa sisi rekening sudah mengunci modul PENUMBUR dan secara visual melihat kemungkinan kontak diarahkan

Pengulangan untuk modul PENUMBUR kedua.

1.      MOTHERBOARD,
Pindah dan gerakkan motherboard ke dalam kasus dan beri lubang untuk sekrup.Suatu jaringan yang menghubungkan kartu NIC adalah suatu kartu yang mengadaptasikan untuk menghubungkan komputer mu dengan suatu jaringan. NIC tanpa kawat adalah suatu kartu yang mengadaptasikan untuk menghubungkan komputer mu ke komputer lain atau suatu titik akses tanpa kawat yang menggunakan isyarat radio.

Menginstal NIC
Pindah NIC kepada kasus, bariskan NIC itu kepada PCIe x1 slot pada motherboard. Tekanan bagian atas NIC sampai kartu secara penuh didudukkan. Pastikan NIC terpasang di PC dengan beri sekrup.

Menginstal NIC Tanpa Kawat
 Pindahkan NIC Yang tanpa kawat ke kasus. Sejajarkan NIC Yang tanpa kawat ke PCI slot pada  motherboard.  tekan bagian atas NIC sampai kartu secara penuh didudukkan , pastikan NIC terpasan pada PC dengan diapit sekrub.

2.      HARD-DISK  
Suatu pengarah magnetis yang menyimpan sejumlah data besar pada media ditetapkan.

Cara Menginstal Hard Disk

Pindahkan HDD  kepada kasus, Posisikan HDD sejajar dengan yang 3.5? teluk pengarah.Sisipkan HDD ke dalam teluk pengarah. Pasang HDD menggunakan sekrup ke motherboard.

3.      CD-RW/DVD
Suatu alat penyimpanan yang berhubungan dengan data yang disimpan ke CDS dan membaca DVDS. ( FDD) adalah suatu pengarah magnetis yang membaca dan tulis informasi ke disket terkulai.

Mengistal Pengarah Terkulai
Pindahkan FDD kepada motherboard, Posisikan FDD secara dengan tempatnya. Masukkan FDD ke dalam teluk pengarah, Pastikan FDD terpasang rapi dan kuat pada   motherboard. Hubungkan semua kabel internal kepada komponen komputer yang sesuai, untuk Peniti/Lencana 1 dan Letakkan ketika menghubungkan kabel kepada alat.  Hubungkan kabel dengan alat :

 20-PIN ATX ,  4-Pin Daya Bantu,
 SATA  Molex , Berg, Fan, SATA

Hubungkan semua kabel internal pada:

1.   20-PIN ATX kabel/telegram kepada stop kontak pada motherboard kemudian dan                        pastikan telah connect.
2.   4-pin connector hubungkan ke motherboard kemudian tekan dan pastikan telah connect.
3.   Sambungkan kabel SATA pada motherboard.
4.   Sambungkan kabel Molex kepada Pengarah yang berhubung dengan motherboard.
5.   Sambungkan kabel Berg kepada pengarah yang terkulai.
6.   Tempatkan 3-pin case-fan kabel listrik kemudian tekan dan pastikan telah connect dengan case-fan.
7.   Sambungkan kabel SATA ke motherboard.
8.    Sambungkan kabel PATA ke motherboard stop kontak dan pastikan telah connect.
9.   Sambungkan kabel/telegram data yang terkulai ke motherboard stop kontak lalu sambungkan ke pengarah terkulai.  Hubungkan kabel  kepada computer seperti Monitor, Papan tombol, Mouse, USB, Ethernet dan Paralel.Namun sebelum menghubungkan kabel yang eksternal, kamu harus menyertakan panel motherboard dan berilah sekrup agar kuat.
Setelah itu lakukan dengan langkah ini :
1.   Hubungkan kabel pada monitor itu ke CPU , dan pastikan telah connect.
2.   Sambungkan kabel papan tombol itu ke  Power supply.
3.   Sambungkan Mouse pada CPU bagian belakang , depan juga bisa bila ada         connectornya.
4.   Hubungkan USB pada CPU.
5.   Pasangkan jaringan Ethernet ke CPU bagian belakang, dan pastinya jangan lupa hubungkan kabel stop kontak ke sirkuit.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar