Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Sendratari Ramayana

Cerita Sendratari Ramayana yang di ambil dari relief Candi Prambanan yang terukir pada Candi Siwa dan Candi Brahma. Ada beberapa setting tempat dalam cerita ini, diantaranya  Negara  Mantili, Kerajaan Alengka, Hutan Dandaka, Gua Kiskendo, dan Taman Argasoka. Sendratari Ramayana bercerita tentang Rama Wijaya Putra Mahkota kerajaan Ayodya yang berhasil memenangkan sayembara untuk memperistri Dewi Shinta, putri Prabu Janaka dari Negeri Mantili. Di lain pihak Prabu Rahwana Raja Alengkadiraja sangat menginginkan memperistri Dewi Widowati. Setelah melihat Shinta, Rahwana menganggap Shinta adalah titisan Dewi Widowati yang selama ini dicari-carinya.
Rama, Shinta dan Leksmana (adik Rama) melakukan perjalanan sampai hutan Dandaka, Rahwana mengubah pengikutnya menjadi kijang kencana. Melihat kijang elok tersebut Shinta meminta Rama untuk menangkapnya, dikejarlah kijang tersebut oleh Rama. Lama Rama tidak kembali, Shinta menyuruh Leksmana untuk mencari Rama. Sebelum pergi, Leksmana membuat lingkaran magis untuk melindungi Shinta dari hal-hal yang tidak diinginkan. Rahwana mengetahui Shinta seorang diri tanpa pengawalan ingin menculiknya tetapi gagal karena lingkaran magis Leksmana. Rahwana mencari akal dengan merubah dirinya menjadi Brahmana tua, ketika Shinta mendekati untuk memberi sedekah dan keluar dari lingkaran, ditariklah Shinta dan dibawa ke negara Alengka oleh Rahwana.
Rama yang berhasil menangkap kijang kencana ternyata kijang tersebut berubah menjadi raksasa sehingga terjadilah perang dengan Rama. Raksasa kijang itu terpanah oleh panah Rama, Leksmana yang menyusul Rama mengajak segera kembali menemui Shinta. Ketika kembali, Rama kaget karena Shinta hilang. Berdasarkan cerita dari garuda yang bernama Jatayu, Rama mengetahui bahwa Shinta diculik oleh Rahwana. Dalam kesedihannya, datang Hanuman, kera putih yang diutus oleh pamannya, Sugriwa, untuk mencari dua ksatria dalam mengalahkan Subali. Akhirnya Rama membantu mengalahkan Subali.
Karena jasa Rama yang telah mengalahkan Subali, Sugriwa mengutus Hanuman untuk membantu Rama mencari Shinta. Hanuman pergi ke Kerajaan Alengka untuk menemui Shinta. Di sana Hanuman membuat onar untuk mengetahui kekuatan Kerajaan Alengka, namun Hanuman tertangkap oleh Indrajid, putra Rahwana dan dibakar hidup-hidup. Bukannya mati, justru Hanuman dengan api tersebut membakar Kerajaan Alengka (Cerita ini terkenal dengan nama Hanuman Obong).
Hanuman kembali kepada Rama, Rama berserta pasukan kera berangkat ke Kerajaan Alengka, dalam perang Brubuh tersebut Rahwana gugur terpanah oleh Rama dan dihimpit gunung Sumawan yang dibawa Hanuman. Setelah Rahwana mati, diantar Hanuman, Shinta menghadap Rama. Tetapi, Rama menolak karena menganggap Shinta telah ternoda selama berada di Alengka. Maka Rama meminta bukti kepada Shinta untuk membuktikan kesuciannya, dengan sukarela Shinta bakar diri, karena kebenaran kesucian Shinta dan pertolongan dewa api, Shinta selamat dari api. Setelah terbukti kesuciannya, Rama menerima kembali Shinta dengan perasaan haru dan bahagia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar